Kamis, 27 Desember 2012

ALASAN MEMILIH PSIKOLOGI


Psikologi menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990) adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat  secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung. Pernyataan ini adalah pengetahuan pertama saya tentang psikologi. Awalnya saya blum memahami banyak tentang ilmu ini, saya pun belum mengetahui pasti tujuan dan manfaat mempelajari ilmu tentang kehidupan manusia ini. 
Namun setelah membaca buku “Sukses Bukan Sebuah Kebetulan” karya Lair Ribeiro dan “Quantum Ikhlas” karya Erbe Sentanu yang memaparkan tentang keajaiban kekuatan pikiran manusia serta menekankan bahwa kekuatan terbesar ada dalam diri manusia itu sendiri, saya mulai menghubungkan sedikit demi sedikit isi buku ini dengan ilmu psikologi. Ternyata dengan kekuatan pikiran yang manusia miliki, mereka mampu mengubah hal-hal mustahil menjadi mungkin dan terlaksana. Namun kenyataannya, sedikit dari mereka yang mampu menggunakan kekuatan ini secara optimal. Dari pernyataan tersebut, saya tergerak untuk mendalami ilmu yang berkaitan dengan kehidupan manusia, yang mampu mengkaji kelebihan-kelebihan yang sesungguhnya terpendam jauh dalam diri manusia, sehingga nantinya saya mampu menciptakan keajaiban-keajaiban dengan cara saya sendiri.
Sebab lain adalah saya ingin menjadi agent of the change, agent of idea, and agent of resolution yang turut berpartisipasi dalam pengembangan kualitas generasi muda Indonesia, tidak hanya dalam bidang intelektual, namun juga dalam bidang emosional dan spiritual dengan dasar ilmu yang saya miliki. Saya pun akhirnya memilih prodi psikologi sebagai wadah yang paling tepat bagi saya dalam menuntut ilmu guna mewujudkan cita-cita dan mimpi saya di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar